Minggu, 28 September 2014

10 stadion terbaik di dunia

Sebagai olahraga paling populer di dunia, hampir setiap negara memiliki stadion sepakbola. Situs AskMen.com membuat daftar 10 stadion terbagus di dunia, dan kita membaginya kepada Anda. Tak ada kriteria spesifik dalam pemilihan stadion ini, namun daftar terbaik tersebut disusun berdasarkan karakteristik unik setiap stadion termasuk dari sisi sejarah, arsitektur, atau teknologi.

#10  
Stadion Estadio Azteca, Mexico City, Meksiko

Kapasitas: 100.000 orang
Stadion ini adalah tempat terjadi pertandingan-pertandingan bersejarah termasuk final Piala Dunia 1970 di mana Pele memimpin Brazil membabat Itali 4-1 atau ketika Diego Maradona menunjukkan performa terbaiknya setelah menggulung Jerman pada Piala Dunia 1986. Selain bersejarah, suasana di stadion ini juga sangat magical.

#9
Stadion Nou Camp, Barcelona, Spanyol

Kapasitas: 98.000 orang
Dibuka pada 1957 dengan biaya pembangunan mencapai US$3 juta ketika itu. Nou Camp adalah salah satu stadion sepakbola terbesar di Eropa. Rumah bagi klub Barcelona, Nou Camp tidak bisa dipisahkan dari para penggemar klub tersebut. Selain itu, stadion ini juga menjadi tempat beberapa pertandingan legendaris.

#8
Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris

Kapasitas: 68.000 orang
Stadion ini, selain rumah bagi Manchester United, juga terkenal akan kerusuhan antar suporter yang biasanya terjadi setelah pertandingan antara MU dengan klub pendatang. Oleh karena itu, pemandangan ratusan personel polisi yang berjaga-jaga di dalam dan di luar gedung ketika ada pertandingan adalah pemandangan yang biasa.

Jika ingin menonton MU berlaga di sini, pastikan Anda telah memesan tiket jauh hari sebelumnya karena banyaknya penggemar klub sepakbola satu ini. Setelah permainan, para penonton bisa mampir ke Red Cafe yang tersohor itu, tempat para penggemar MU berkumpul sambil menikmati bir dingin.

#7
Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol

Kapasitas: 75.000 orang
Real Madrid adalah klub sepakbola tertua di Eropa dan juga tersukses. Stadionnya pun tak kalah suksesnya dengan berbagai sejarah yang patut diingat. Meskipun Real Madrid didirikan pada 1902, mereka baru menempati Stadion Santiago Bernebeu pada 1924 setelah sebelumnya sering latihan di Stadion Chamartin yang luluh lantak pada Perang Sipil Spanyol. Setelah Chamartin hancur, presiden Real Madrid kala itu, Santiago Bernabeu memerintahkan agar dibangun stadion baru di lahan bekas Stadion Chamartin.

#6
Stadion Louis II, Monte Carlo, Monako

Kapasitas: 20.000 orang
Secara sejarah dan pertandingan, tak ada yang menarik dari stadion yang didirikan pada 1985 ini. Akan tetapi, keindahan arsitekturnya mengantarkan Stadion Louis II di posisi ke enam daftar ini. Selain untuk tujuan olahraga, di dalam stadion ini juga terdapat ruang-ruang kantor yang disewakan serta butik-butik kelas atas yang berjejer. Stadion ini juga terkenal sebagai salah satu stadion olahraga paling nyaman di Eropa.

#5
Stadion San Siro, Milan, Italia

Kapasitas: 80.000 orang
Sebagai rumah dari Inter dan AC Milan, mungkin ini satu-satunya stadion yang dibangun dengan konsep satu olahraga. Podium dua tingkat bertransformasi menjadi tiga di belakang masing-masing gawang, serta tidak ada trek atletik di pinggiran lapangan seperti yang biasa ditemukan di stadion sepakbola biasa. Stadion ini pun juga dirancang sedemikian rupa agar para penonton dari sisi manapun bisa melihat ke lapangan tanpa terganggu. Sistem pencahayaannya pun sangat menunjang.

Jangan khawatir bila kehabisan tiket pertandingan, karena pengunjung masih bisa menghibur diri dengan cara mengikuti tur di dalam stadion yang meliputi perjalanan ke ruang loker pemain, arena VIP Lounge, dan bar yang biasanya dibuka untuk fans lokal. Jika pengunjung tidak takut ketinggian pengunjung bisa naik ke tingkat tiga Menara 8 yang menawarkan pemandangan fantastis kota Milan. Di samping semua itu, Stadion San Siro juga sering digunakan sebagai tempat konser para musisi international.

#4
Stadion Maracana, Rio De Janeiro, Brasil

Kapasitas: 125.000 orang
Bukan rahasia lagi bila Brasil adalah negaranya para fanatis sepakbola. Pada laga final Piala Dunia 1950, 200.000 penonton memadati Stadion Maracana yang sejatinya hanya cukup untuk 125.000 penonton. Peristiwa ini membuat pertandingan tersebut ditasbihkan sebagai pertandingan sepakbola dengan penonton terbanyak.

Stadion Maracama dibangun khusus untuk laga Piala Dunia 1950, Piala Dunia pertama dan terakhir yang dituanrumahi oleh Brasil. Bangunan stadion sendiri dari pertama berdiri hingga sekarang masih mengusung bentukan aslinya. Keputusan untuk mempertahankan bentuk ini berdasarkan alasan sejarah dan ditasbihkannya stadion tersebut sebagai pusat sepakbola. Pada awal 2000-an, bangunan tersebut direnovasi dengan biaya 40 juta dolar AS. Namun demikian, tingkat kebersihan bangunan tersebut dipertanyakan karena kegemaran para penonton kencing sembarangan.

#3
Stadion Olimpico, Roma, Italia

Kapasitas: 100.000 orang
Pertama kali dibangun pada 1960 untuk pertandingan Olimpiade, stadion ini jadi terkenal karena banyaknya pertandingan legendaris yang digelar di tempat tersebut. Italia dua kali menjadi tuan rumah Piala Dunia yakni pada tahun 1934 dengan pertandingan final di Stadion Del PNF dan pada 1990 dengan pertandingan final di Stadion Olimpico yang waktu itu khusus direnovasi untuk pertandingan tersebut. Tempat ini juga tuan rumah dari tiga pertandingan final European Champions Club termasuk ketika AS Roma kalah dalam adu penalti dengan Liverpool. Stadion Olimpico juga sering jadi ajang laga S.S. Lazio melawan AS Roma yang kebanyakan berakhir dengan bentrokan antara kedua belah fans fanatik mereka.

#2
Stadion Azadi, Teheran, Iran

Kapasitas: 100.000
Mungkin karir persepakbolaan mereka tidak seterkenal masalah politiknya yang mendunia, namun Stadion Azadi adalah salah satu stadion terbesar di dunia dan termasuk dalam obyek wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Iran. Namun ingat, jika ingin mengunjungi para wanita disarankan untuk tidak ikut, selayaknya para penduduk lokal, karena sejak era 1970-an Azadi merupakan daerah khusus untuk pria.


#1
Stadion Internasional Yokohama, Yokohama, Japan

Kapasitas: 70.000
2002 adalah tonggak sejarah dalam Piala Dunia di mana negara Asia menjadi tuan rumah dan digekar di dua negara. Lebih dari 60 miliar Yen dibelanjakan untuk membuat Stadion Yokohama yang kini menjadi salah satu stadion tercanggih di dunia dan juga terbesar di Jepang. Rumput di stadion ini 100% alami yang dirawat sepanjang tahun oleh sejumlah tukang kebun serta didukung oleh jaringan pipa yang menyalurkan air panas di bawahnya. Atap bangunan tersebut bisa digeser, dengan dua layar raksasa masing-masing di ujung lapangan, serta dilengkapi 824 lampu yang diset sedemikian rupa agar tidak menampilkan bayangan di lapangan. Wow!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar